Jenis Komputer berdasarkan Daya Pengolahan

Jenis Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan 

Secara garis besar, komputer terbagi kepada 3 klasifikasi. Masing-masing klasifikasi komputer terbagi pula kepada beberapa jenis. Klasifikasi pertama adalah komputer berdasarkan prinsip operasional, terbagi kepada 3 jenis yaitu Komputer Analog, Komputer Digital dan Komputer Hybrid. Klasifikasi kedua adalah jenis komputer berdasarkan pada daya pengolahan. Pada klasifikasi ini, komputer terbagi kepada 2 jenis yaitu Mainframe dan Mikrokomputer. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis komputer tersebut:

Jenis Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan

1. Komputer Mainframe
Mainframe Komputer adalah komputer yang digunakan untuk menjalankan aplikasi besar dalam pengolahan data yang besar, biasanya Mainframe dipakai oleh perusahan atau organisasi besar. Contoh pengolahan data yang membutuhkan Mainframe Komputer adalah pengolahan data sensus penduduk, riset penelitian dan keperluan militer. Mainframe dapat melayani banyak pengguna dalam waktu bersamaan, memiliki kemampuan untuk melayani beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai virtual komputer yang dapat menggantian beberapa server dengan skala kecil.

2. Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah komputer yang menggunakan mikroprocessor sebagai CPU, atau dikenal juga dengan nama komputer mikro. Dari segi bentuk, mikrokomputer tidak sebesar Mainframe Komputer. Sedangkan dari segi penggunaan, komputer ini diperuntukkan bagi penggunaan secara personal yang digunakan untuk mengolah data-data yang tidak terlalu kompleks. Mikrokomputer dikenal pula sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer.

Itulah penjelasan mengenai Jenis Komputer Berdasarkan Kemampuan Daya Pengolahan. Artikel ini merupakan bagian dari Klasifikasi Jenis-Jenis Komputer. Lihat Juga artikel selanjutnya mengenai Jenis-Jenis Komputer Pribadi.

Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Jenis Komputer berdasarkan Daya Pengolahan"

Back To Top